Monday 29 July 2013






Fatimah adalah wanita penghulu syurga

Apabila kita mengenal siapa puteri tercinta Rasulullah saww yakni Fatimah Azzahra as, maka kita tidak akan boleh melukiskan sosok peribadi yang sempurna ini. Kerana Sayyidah Fatimah Azzahra as adalah wanita teragung dan termulia yang tak pernah ada sebelum dan sesudahnya, oleh kerana itu Sayyidah Fatimah Azzahra as di juluki sebagai penghulu wanita semesta alam.
tidak hanya itu, kitapun harus mencintai dan berwilayah kepadanya. begitu juga kepada Ahlulbaytnya yang suci dan di sucikan oleh Allah SWT, karena meraka semua adalah manusia maksum dan terpilih di sisi Allah SWT. Sayyidah Fatimah Azzahra as adalah manusia suci, sehingga apabila beliau marah dan tidak rela maka itu merupakan kemarahan dan ketidak relaan Allah SWT dan Rasul-Nya. Oleh karena itu kita wajib mengenalnya sehingga kita boleh mencintai dan mendapatkan keredhaan dari beliau. Namun,  untuk kita boleh mengenalnya melalui para imam maksum as, keranaa banyak hadis seputar keutamaan-keutamaan Sayyidah Fatimah Azzahra as yang disampaikan melalui lisan suci mereka.

Sebagaimana Rasulullah saww dan para Imam maksum as menyebutkan banyak hadis tentang kedudukan dan keutamaan Sayyidah Fatimah Azzahra as sebagai berikut:
  1. “malaikat yang turun kebumi meyampaikan kabar gembira kepadaku, bahwa Al-Hasan dan Al-Husain merupakan dua sosok pemuda penghulu surga, dan Fatimah Azzahra adalah penghulu wanita di surga”
  2. “sebaik-baik wanita di alam ini ada empat wanita yakni, Maryam binti Imran,Khadijah binti Khawailid, Fatimah binti Muhammad dan Aisah bintiMuzahim (istri Firaun)”
  3. “surga selalu merindukan empat sosok wanita, Maryam binti Imran, Khadijah binti Khawailid (istri Rasulullah Saww di dunia dan akhirat), Fatimah binti Muhammad dan Aisah bintiMuzahim (istri Firaun) yang akan menjadi istri Rasulullah Saw disurga”
  4. “sesungguhnya Allah akan marah lantaran marahnya Fatimah Azzahra as dan akan rela dengan relanya Fatimah”

hadis-hadis di atas, memberitahukan kepada kita tentang kedudukan empat wanita mulia yang akan menjadi penghulu wanita surga, dan salah satu di antara wanita tersebut adalah fatimah binti Muhammad, yang tidak boleh kita pungkiri lagi tentang kemuliaan dan keutamaanya.

Dalam hadis lain, Imam Ali Ridha as juga meriwayatkan bahwa Rasu;lullah saww bersabda: “Al-Hasan dan Al-Husain merupakan sebaik-baik penduduk bumi setelahku dan setelah ayah mereka (Imam Ali bin Abhi Thalib as), dan ibu mereka menjadi wanita terbaik penduduk bumi”

ketahuilah bahwa, kedudukan fatimah azzahra as yang merupakan sebagai penghulu wanita penduduk surga tidak hanya di yakini oleh kalangan orang syiah saja tetapi di kalangan Ahlussunah pun bersepakat dan meyakini bahwa Fatimah Azzahra as putri Rasulullah adalah penghulu wanita surga.
Sebagaimana disebutkan dalam sahih Bukhari dan Sahih Muslim, yang menjadi rujukan kitab paling di akui di kalangan ahlussunah, sekaligus keduanya menjadi ulama terbesar dan tersohor di kalangan tersebut, menukil sebuah riwayat dari Rasulullah Saww yang bersabda, ”Fatimah adalah pengulu wanita surga”

Pada suatu hari ada sahabat yang bertanya pada Rasulullah saww, tentang sayyidah Fatimah Azzahra as, sahabat: “ wahai Rasulullah, apakah Fatimah adalah penghulu wanita di zamanya??” sepontan saja Rasulullah saww bersabda “itu adalah Maryam binti Imran, adapun putriku, Fatimah, merupakan penghulu kaum wanita di alam semesta, sejak awal sampai akhir”

disisi lain Rasulullah saww sangat mencintai dan menyayangi Sayidah FatimahAzzahra as.
Kehidupan sayidah FatimahAzzahra as bersinar terang dan semakin berharga bagaikan sinar matahari yang menyinari semesta alam. Beliau sangat terhormat, ini dikerana ada hubungan erat antara Sayidah FatimahAzzahra as dan Rasulullah saww. Kita mengetahui bahwa Rasulullah adalah manusia yang terhormat dan termulia di antara manusi-mannusia lainya, bahkan di antara Rasul-Rasul sebelum beliau, maka Sayidah FatimahAzzahra as tidak jauh beda dengan ayahanda beliau, yang dimana beliau beliau menjadi wanita terhormat dan termulia pula di bandingkan dengan manusia-manusia lainya.

Inilah seklumit gambaran tentang kepribadian Sayidah FatimahAzzahra as, yang sebagai wanita termulia dan teragung di jagat raya ini,sesungguhnya banyak hal yang belum kita ketahui tentang sosok mulia ini, tapi sebagai rasa cintaku kepad beliau, sehingga saya beranikan diri untuk mengenalnya. Semoga beliau meredhai apa yang saya sebarkan melalui blog saya ini..

1 comment:

Site search

    Quotes

    'Do the best bcoz u are the best from the best' ~Hana Zaka~